banner

Friday, December 20, 2019

Babinsa Koramil 408-03/KT, PPL dan Kapoktan Cek Saluran Irigasi


Babinsa Koramil 408-03/KT, Serda Ujang Af dan Kopda Ujang M bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Bapak Irwan S dan Ketua Kelompok Tani (Kapoktan) Sawah Siring Napal Muklis kegiatan pengecekan dan pengukuran siring pasang sepanjang 35 M dan lebar 70 cm. yang akan diperbaaki di poktan sawah siring napal di desa bangun jiwa kec luas kab kaur, Kamis (17/12/19).

Memasuki awal bulan Desember ini dimulainya turun hujan di beberapa wilayah Kabupaten Kaur, sebagai tanda akan dimulainya kegiatan pertanian di sawah, kebutuhan air bagi sawah-sawah di wilayah.
Sebagai langkah upaya khusus (Upsus) anggota Koramil 408-03/KT, PPL dan Kapoktan Siring Napal mengambil langkah i


nisiatif pengecekan dan pengukuran siring pasang sepanjang 35 mtr dan lebar 70 cm guna mengairi sawah seluas 20 hektar.

Kegiatan yang dilakukan Babinsa Koramil 408-03/KT mendapat respon positif dari masyarakat dan para kelompok tani (poktan) di wilayah Kecamatan Luas khususnya di Desa Bangun Jiwa. dimulainya musim tanam dan Sulitnya pasokan air mulai dirasakan para petani dan menjadi kekhawatiran terkait rusaknya saluran irigasi yang mengalirkan air kesawah.

Atas pengaduan masyarakat tersebut Babinsa Koramil 408-03/KT, PPL dan Kapoktan Siring Napal menanggapi hal tersebut dan meminta  PPL dan Dinas Pertanian untuk segera menyelesaikan perbaikan saluran irigasi untuk mengaliri air ke sawah petani dengan sistem buka tutup, sehingga pemerataan pasokan air ke berbagai area sawah dapat terpenuhi.

Menurut Serda Ujang Af, kelancaran irigasi dan aliran air sangat dibutuhkan untuk kelancaran proses kegiatan pertanian di wilayah itu. Dia mengatakan, apabila hal ini dibiarkan maka akan berdampak negatif pada sektor pertanian dan menghambat kegiatan pertanian.
“Untuk itu Babinsa, PPL dan Kapoktan bersibergi untuk melakukan pengecekan kelancaran saluran air yang tersedia,” ujar Serda Ujang Af.




Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

banner

Blogger templates

Blog Archive