banner

Monday, April 8, 2024

Babinsa Melakukan Monitoring Pengecekan Pertumbuhan Padi



Kinal Post || Babinsa Koramil 408-03/KT Serda Harmoko terlihat aktif melakukan monitoring dan pengecekan terhadap pertumbuhan padi di hantaran Lembak Pantai, Desa Tanjung Pandan, Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur. Langkah ini dilakukan sebagai upaya memastikan kesuksesan produksi padi dalam mendukung ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Kaur Tengah Kabupaten Kaur. Senin (08/04/2024)

Dalam kegiatan monitoring tersebut, Babinsa yang bertugas turut membantu petani dalam mengevaluasi kondisi pertumbuhan padi. Mereka memperhatikan berbagai aspek mulai dari kesehatan tanaman, kecukupan air, hingga pengendalian hama dan penyakit yang mungkin mengganggu pertumbuhan padi.

Komandan Kodim 0408/BS Letkol Czi Bambang Santoso, SH, M.SDS melalui Danramil 408-03/KT Lettu Inf Agus Gunadi, mengatakan kegiatan monitoring tersebut secara berkala sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa tanaman padi dapat tumbuh dengan baik. "Kami berupaya membantu petani dalam memantau kondisi pertumbuhan padi agar dapat memberikan rekomendasi atau bantuan yang diperlukan guna meningkatkan hasil panen nantinya," ujar Danramil.

Para petani di Desa Tanjung Pandan pun menyambut baik kehadiran Babinsa dalam membantu proses pertanian mereka. Mereka mengaku senang dengan adanya dukungan dan bimbingan dari pihak Babinsa dalam mengoptimalkan produksi padi di wilayah mereka.
"Kehadiran Babinsa sangat membantu kami. Mereka memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan hasil panen padi kami. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk kemajuan pertanian di Desa Tanjung Pandan," bapak Muslim, salah seorang petani.

Kegiatan monitoring dan pengecekan pertumbuhan padi yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan bagian dari upaya Kodim 0408/BS dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai ketahanan pangan nasional. Melalui keterlibatan aktif di tingkat masyarakat, diharapkan produksi padi dapat terus meningkat sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor bahan pangan pokok.

Dengan semangat gotong royong dan kerjasama yang erat antara Babinsa, petani, dan masyarakat setempat, diharapkan sektor pertanian di Desa Tanjung Pandan dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pemenuhan kebutuhan pangan di wilayah tersebut.
Share:

0 comments:

Post a Comment


Translate

banner

Blogger templates

Blog Archive