banner

Thursday, April 4, 2024

Babinsa Berperan Aktif dalam Monitoring Pertumbuhan Padi dan Penyemprotan Hama



Kinal Post || Di tengah upaya meningkatkan produksi pertanian, Babinsa (Bintara Pembina Desa) terus menunjukkan peran aktifnya dalam mendukung petani. Hal ini terbukti dengan pelaksanaan monitoring pertumbuhan padi dan kegiatan penyemprotan hama yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 408-03/KT Serda Ahmad Jamil di hamparan sawah Sarakudu desa Padang Panjang kecamatan semidang gumay kabupaten kaur. Kamis (04/04/2023)


Hari ini, Babinsa dari Koramil 408-03/KT Serda Ahmad Jamil, bersama dengan petani bapak Arlan Efendi melaksanakan kegiatan monitoring pertumbuhan padi dan penyemprotan hama di Desa Padang Panjang. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pendampingan yang rutin dilakukan oleh Babinsa untuk meningkatkan hasil panen petani.

Dalam kegiatan monitoring pertumbuhan padi, Babinsa turut memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada petani terkait teknik pemeliharaan yang baik. Mereka memeriksa secara langsung kondisi tanaman, termasuk pengecekan keberadaan hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan padi.

Selain itu, Babinsa juga turut serta dalam kegiatan penyemprotan hama. Mereka memberikan bantuan dalam hal penggunaan alat dan bahan yang tepat serta memberikan informasi terkait cara efektif menyemprotkan pestisida agar tidak merugikan lingkungan sekitar.

Komandan Kodim 0408/BS Letkol Czi Bambang Santoso, SH, M.SDS melalui Danramil 408-03/KT Lettu Inf Agus Gunadi menyampaikan, kehadiran Babinsa dalam pendampingan petani tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian, tetapi juga sebagai wujud nyata dari peran TNI dalam mendukung ketahanan pangan nasional. "Kami selalu siap membantu petani dalam upaya meningkatkan hasil panen mereka. Kegiatan seperti ini akan terus kami lakukan untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah ini," ujar Danramil.

Para petani di Desa Padang Panjang menyambut baik kehadiran Babinsa dalam pendampingan mereka. Mereka merasa terbantu dengan adanya bimbingan dan dukungan teknis dari Babinsa untuk menghadapi berbagai tantangan dalam pertanian.

Diharapkan, melalui kerjasama yang erat antara Babinsa dan petani, dapat tercipta sinergi yang positif dalam meningkatkan produksi pertanian serta mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan di wilayah tersebut.



Share:

0 comments:

Post a Comment


Translate

banner

Blogger templates

Blog Archive